Perang Diponegoro

Perang Diponegoro
Oleh :
Afifah Kusumawati
Anisa Mulya
Faisal Hernanda Putra
Jhony Pranata
Kurnia Safitri
Riska Azzahra
Zulaifa Aqsal Wahyu Prawestri

1.      Latar Belakang
Bermula dari Smissaerrt dan Patih Danurejo memasang anjir(pancang/patok) melewati pekarangann milik Pangeran Diponegoro di Tegalrejo tanpa izin. Pangeran Diponegoro memerintahkan rakyat untuk mencabuti patok tersebut. Patih Danurejo memerintahkan memasang kembali patok-patok itu dengan dijaga pasukan Macanan. Dengan keberaniannya pengikut Pangeran Diponegoro patok-patok itu dan digantikannya dengan tombak-tombak mereka. Berawal dari insiden patok inilah, meletus Perang Diponegoro.
2.      Tokoh yang berperan dalam Perang Diponegoro
Ø  Kiai Hasan Besari
Perlawanan dibawah komando Kiai Hasan Besari sangat efektif. Berkat kecakapannya, beliau mampu menguasai pusat kota. Namun, untuk mengatasi perlawanam Kiai Hasan Besari, Belanda berusaha menghancurkan pos-pos pertahanan pasukan Pangeran Diponegoro di Gua Selarong. Tetapi Belanda gagal, karena pos tersebut sudah kosong.
Ø  Ali Basyah Sentot Prawirodirjo
Dibawah pimpinan Sentot Prawirodirjo pasukan Diponegoro berhasil menyerang benteng Belanda. Dan dalam penyerangan ini berhasil menewaskan Kapten Ingen. Dengan tewasnya Kapten ingen, Belanda lebih terfokus untuk mengatasi perlawan pasukan Diponegoro dibawah pimpinan Setot Prawirodirjo. Kemudian Belanda yang dibantu oleh Aria Prawirodirdjo mengajak dan mencoba berunding dengan Sentot Prawirodirjo. Dan beliau menyetujuinya, dengan ini berarti Pasukan Diponegoro dibawah pimpinan Sentot Prawirodirjo menyerah kepada Belanda.
Ø  Pangeran Diponegoro.
Walaupun Sentot Prawirodirjo menyerah, tetapi Pasukan dibawah pimpinan Pangeran Diponegoro tidak memiliki tanda-tanda akan menyerah. Pangeran Diponegoro terus berjuang. Dalam melakukan perlawanan beliau selalu didamp[ingi Pangeran Mangkubumi, sebagai penasehat.
Ø  Kiai Mojo
Beliau adalah pemimpin Perang Sabil.

Comments

Popular posts from this blog

SEJARAH PERKEMBANGAN VOC

Perang Teluk I dan Perang Teluk II

Konflik Yugoslavia